Jumat, 10 Agustus 2012

Feminisme

Saya termasuk orang yang masih sangat minim dalam membaca gerakan2 feminisme baik di indonesia maupun diluar negeri. Jadi mungkin tulisan ini sangat dangkal dalam melihat feminisme.Tetapi saya mulai tergelitik ketika banyak orang menyebut mengenai "feminisme" ataupun kesetaraan gender. Saya mulai bertanya-tanya, ada apa dengan gerakan feminisme?apa yg melatarbelakangi kaum perempuan berontak?


Saya hanya mengetahui bahwa perempuan berjuang hanya karena mereka ingin disetarakan dengan kaum laki laki. Misalnya dalam hal pendidikan, perempuan seringdinomorduakan, begitu pun dalam hal ekonomi, kesehatan dll. 

Yang terlintas dikepala saya ketika mendengar feminisme adalah gerakan kaum perempuan untuk membela haknya sebagai perempuan. Dan setelah saya pikir-pikir gerakan feminisme yg seperti ini tidak layak diperjuangkan, karena perempuan sebenarnya tidak memiliki hak istimewa apapun. Untuk apa mereka berjuang membela haknya sebagai perempuan?toh mereka tidak memiliki hal yg terlalu spesial juga.

Bagi saya, sebutan gerakan feminisme harus diganti menjadi gerakan kemanusiaan. Karena yang diperjuangkan adalah hak kemanusiaan yg dimiliki juga oleh perempuan. Perempuan sebagai seorang  manusia tentu memiliki hak yang sama dengan laki laki. Ya mungkin hanya masalah penyebutan yah?tapi bagi saya itu cukup penting, karena mendengar kata feminisme kita sering kali terjebak dan menganggap perempuan sbg bidadari yg sangat spesial. Padahal pada hakekatnya toh mereka manusia juga, sama seperti laki laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencarian